06 January 2016

Membuat program mengenal hewan dan suaranya dengan Android

Program ini menggunakan spinner untuk navigasinya, jadi saat user memilih salah satu hewan secara pull down maka otomatis akan keluar hewan berikut nama dan suarnya. Program ini sangat tepat untuk membantu anak dalam menganal binatang dan suaranya.

Cara kerja :

1. Buatlah project baru dan beri nama “AplikasiDuniaSatwa”. Klik File > New Project.


2. Klik tombol Next dan tetapkan device yang akan digunakan.


3. Klik Next dan pilih Blank Activity.


4. Kemudian Klik Next dan pada Activity Name : MainListingImage, sedangkan Layout Name : activity_main_listing_image. Akhiri dengan mengklik tombol Finish.


5. Berikutnya yaitu menetapkan image-image binatang yang akan kita gunakan pada res > drawable. Dan masih pada res, buat juga direktori raw dan tetapkan suara-suara dari image-image binatang yan bersangkutan. Strukturnya seperti berikut ini :


6. Sisipkan coding pada activity_main_listing_image.xml yang berada pada res > layout :

<RelativeLayout xmlns:android="http://schemas.android.com/apk/res/android"
    xmlns:tools="http://schemas.android.com/tools" android:layout_width="match_parent"
    android:layout_height="match_parent"  tools:context=".MainActivity"
>
    <TextView
        android:layout_width="wrap_content"
        android:layout_height="wrap_content"
        android:text="Choose Animal"
        android:id="@+id/textView"
        android:layout_alignParentTop="true"
        android:layout_alignParentLeft="true"
        android:layout_alignParentStart="true"
        android:layout_marginTop="15dp" android:layout_marginRight="10dp"
/>
    <Spinner
        android:layout_width="wrap_content"
        android:layout_height="wrap_content"
        android:id="@+id/spinnerAnnimal"
        android:layout_alignParentTop="true"
        android:layout_toRightOf="@+id/textView"
        android:layout_toEndOf="@+id/textView"
/>
   <ImageView
        android:layout_width="wrap_content"
        android:layout_height="wrap_content"
        android:id="@+id/imageViewAnimal"
        android:layout_below="@+id/spinnerAnnimal"
        android:layout_centerHorizontal="true"
        android:src="@mipmap/ic_launcher"
/>
</RelativeLayout>

7. Kemudian sisipkan coding pada MainListingImage.java :

package com.example.mosuka.aplikasiduniasatawa;

import android.app.Activity;

import android.media.MediaPlayer;
import android.os.Bundle;
import android.view.View;
import android.widget.AdapterView;
import android.widget.ArrayAdapter;
import android.widget.ImageView;
import android.widget.Spinner;
import android.widget.Toast;

public class MainListingImage extends Activity implements AdapterView.OnItemSelectedListener {
private static final String isPlaying = "Media is Playing";
private MediaPlayer player;
ImageView imageViewAnimal;
String[] array_animals = {"bird", "chicken", "tiger"};
String[] array__sound_animals = {"bird", "chicken", "tiger"};
int[] array_drawable_animals={R.drawable.bird, R.drawable.chicken, R.drawable.tiger};
int[] array_raw_animals={R.raw.bird, R.raw.chicken, R.raw.tiger};

@Override
protected void onCreate(Bundle savedInstanceState) {
super.onCreate(savedInstanceState);
setContentView(R.layout.activity_main_listing_image);
imageViewAnimal = (ImageView) findViewById(R.id.imageViewAnimal);
Spinner spinnerAnimal = (Spinner)findViewById(R.id.spinnerAnnimal);
ArrayAdapter<String> spinnerCountAnimaldapter = new ArrayAdapter<String>(this, andoid.R.layout.simple_spinner_dropdown_item, array_animals);
spinnerAnimal.setAdapter(spinnerCountAnimaldapter);
spinnerAnimal.setOnItemSelectedListener(this);
}

@Override
public void onItemSelected(AdapterView<?> adapterView, View view, int position, long l) {
   Toast.makeText(this, "You Choose: "+array_animals[position], Toast.LENGTH_LONG).show();
   imageViewAnimal.setImageResource(array_drawable_animals[position]);
        try{
            if (player.isPlaying()) {
                player.stop();
                player.release();
            }

        }catch(Exception e){
            Toast.makeText(this, " Masuk Exception", Toast.LENGTH_LONG).show();
        }

        player = MediaPlayer.create(this, array_raw_animals[position]);
        player.setLooping(false); // Set looping
        player.start();
    }

    @Override
    public void onNothingSelected(AdapterView<?> adapterView) {

    }
}

8. Untuk menjalankan hasil dapat dilakukan dengan klik mouse kanan tepat pada MainListingImage.java

9. Tentukan emulator atau device yang akan di gunakan :


Hasil akhir :

No comments:

Post a Comment